Tuesday, October 29, 2013

Mau Tahu Gak Sih Cara Ngaudit Kas Dan Setara Kas ???

Teman-teman semua yang mau jadi auditor atau para calon-calon direktur perusahaan syariah.
Hari ini kita belajar Cash Opname yuk...

Apa sih Cash Opname itu ???

Cash Opname adalah pemeriksaan fisik pada uang kas tunai antara saldo yang terdapat pada Catatan Akuntansi dengan Uang kas yang ada di brankas/di tangan (cash on hand). Melakukan Cash opname itu tidak begitu sulit, kita hanya memerlukan ketelitian dan kesabaran saja.

Saldo menurut catatan akuntansi dapat teman-teman lihat di buku besar kas. Dalam buku besar kas dapat dihitung jumlah mutasi debet dan kredit sampai dengan tinggal kita melakukan cash opname. Setelah kita dapat saldo kas menurut catatan kita lakukan pemeriksaan fisiknya ya teman2. Ups, sedikit info nih kalau mau melakukan cek fisik jangan kasih tahu ya kapan waktunya. Agar kasir atau pemegang kasnya tidak melakukan manipulasi. Keren ya kaya detektif.

Selanjutnya, kita hitung deh fisiknya. Hitung dari uang kertas sampai jumlah uang logamnya ya. Oh iya, ada triks lagi nih sebagai auditor, yaitu jangan kita pegang fisik uangnya yah. Hal ini untuk menghindari risiko kita ikut bertanggung jawab atas kehilangan uang karena turut menyentuh fisiknya. Kas dalam bentuk fisik dapat pula berupa cek, giro, atau pun wesel yah sebagai surat berharga. Semuanya dicatat dalam berita acara kas (BAP) yah.

Jika sudah dihitung teman-teman dapat menyamakan saldo tercatat dalam buku besar dengan fisik kas yang sebenarnya. Jika terdapat selisih maka kita harus lakukan konfirmasi penyebab terjadinya selisih. Kemudian kita masukkan ke dalam catatan kertas kerja audit kita teman-teman.

Mau tau bagaimana sih bentuk Berita acara kas (BAP) itu ???

Bisa di download di link ini yah teman-teman...

repository.binus.ac.id/content/F0152/F015288457.doc

selamat mencoba jadi auditor atau direktur ya teman-teman.....
 



1 comment:

  1. Perlu dicek juga dengan bukti2 pendukungnya?

    ReplyDelete

Leave a Reply